Cara SEO Website Menggunakan Blog Supaya No.1 di Google

Cara SEO Website Menggunakan Blog Supaya No.1 di Google - Assalamualaikum semua



Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang Pengertian SEO dan Pengaruh SEO Untuk Blog

Dan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang bagaimana langkah-langkah cara SEO site supaya situs kita bisa mendapat peringkat di halaman Google maupun web index lainnya.

Mungkin ini cukup singkat sekali, namun ini saya tulis berdasarkan apa yang saya pelajari di SEO Academy dan beberapa eksperimen pengalaman pribadi saya, serta dari beberapa referensi lainnya juga.

Semoga apa yang saya tuliskan ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda untuk memahami lebih lanjut tentang langkah praktis penerapan SEO di site anda.

Baiklah brother, mari kita mulai lanjut…

Bangun Blog Untuk Website Anda 


Jika Anda ingin membuat site yang sukses, ada baiknya Anda pertimbangkan juga untuk membangun blog di dalam site tersebut.

Gunanya adalah, selain untuk meningkatkan kepercayaan pada pengunjung, juga untuk memberikan kredibilitas di mata web search tool.

Mungkin Anda pernah bertanya, "Loh, bagaimana blog bisa meningkatkan kepercayaan di mata pengunjung?"

Coba bayangkan saja, apa jadinya kalau ada orang datang ke toko kita dan tanya-tanya ke pelayan toko, akan tetapi si pelayan toko tadi ngga mudeng soal produk kita. Istilahnya, item learning nya nol. Ehm, agak memalukan ya pastinya…

Nah, begitu juga blog bisa difungsikan seperti itu.

Bagi Para pengunjung mungkin tidak menemukan produk/layanan yang dia cari. Namun ketika di muter-muter membaca konten lain yang terdapat di dalam blog kita, siapa tahu dia menemukan informasi lain yang bisa jadi dia butuhkan saat itu.

Ingat, individualized organization kuncinya ialah "INFORMASI".

Sehingga perlahan namun pasti, di dalam dirinya akan tumbuh rasa percaya bahwa site kita layak untuk dijadikan rujukan/referensi perihal produk atau layanan yang sedang di cari.

Begitu juga bagi web search tool.

Blog merupakan salah satu unsur yang penting supaya site kita memenuhi tujuannya. Jika konten senantiasa kita refresh, mereka para bot web search tool ini akan semakin suka dengan blog kita.

Soal bagaimana cara membuat blog yg benar, kalau kita menggunakan site WordPress tentunya hal ini akan sangat mudah, ngga perlu pusing-pusing lagi gimana caranya bikin fitur blog. Karena sebagai CMS, WordPress sudah menyediakan fasilitas ini.

Persoalannya sekarang, bagaimanakah kita membuat blog yang disukai oleh mesin pencari seperti google?

Cara SEO Website Menggunakan Blog



cara web optimization site, cara website optimization blogRangkuman tips cara mengoptimalkan SEO blog praktis ini saya dapatkan dari seorang penulis, pakar, sekaligus praktisi SEO, beliau namanya Mas Diar Seonubi.

Bagus banget untuk diikuti. Silahkan disimak…

1. Tentukan tema atau topik blog – sebelum blog kita buat, tentukanlah topik utama yang akan kita usung, karena nantinya akan menjadi judul blog yang kemudian dijabarkan menjadi deskripsi blog. Tentunya topik ini juga relevan dengan site kita secara keseluruhan.

2. Riset individualized structure kunci/catchphrase (KW) – lakukanlah ini dahulu ketika hendak menulis blog, kemudian ada baiknya jangan terlalu ingin mengejar watchword yang potensi trafiknya besar. Mulailah dari yang potensinya kecil, yang penting kita harus memahami prinsip kerjanya. Kalau sudah bisa muncul di hasil pencarian dengan catchphrase yang ringan, barulah kita tingkatkan dengan menggunakan watchword yang persaingannya berat. Prinsipnya, yang penting bisa muncul di hasil pencarian dulu, pakai catchphrase yang ringan tidak masalah.

3. Posting yang relevan – dan buatlah konten yang berkualitas. Bikin konten yang unik dan bermanfaat, tapi jangan keluar dari topik utama blog. Lalu buat connect antar halaman, jadi antar halaman saling mempromosikan. Kalau banyak halaman yang dibaca pengunjung maka blog dianggap berkualitas.

4. Persiapkan SEO ONPAGE – contohnya seperti mengoptimalkan penggunaan customized structure kunci di bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dst, sesuai hasil analisa catchphrase.

5. Ordering – sambil menunggu postingan Anda masuk di Google, Anda bisa share ke online networking supaya postingan tersebut lebih cepat terindex oleh Google.

6. Lakukan SEO OFFPAGE – contohnya bisa menggunakan pola backlink remarking, backlink wheel/piramida, submit ke social bookmark, dst.

Kalau saya boleh bilang, 6 langkah tersebut merupakan intisari dari upaya SEO fundamental. Nggak ribet-ribet amat lah, sekalipun bagi pemula.

Yang agak berat adalah di persoalan penulisan artikel yang menarik dan menjual, sekaligus GOOGLE FRIENDLY supaya mudah ditemukan oleh GOOGLE. Karena bagaimanapun juga, membangun blog membutuhkan tekad yang kuat untuk menulis.

Nah, disinilah tantangannya.
Omong-omong, saya jadi teringat pelajaran Bahasa Indonesia bab MENGARANG, bikin pusyiing. Hahaha..

Lalu, Saya Harus Mulai Dari Mana?

Nah, setelah Anda membaca ulasan di atas, kini semua kembali pada Anda. Jika Anda ingin belajar sendiri, Anda bisa belajar menerapkan 6 langkah SEO dasar di atas secara urut dan praktek, praktek, praktek…

Mulailah dengan membuat postingan yang relevan dan sering-sering berlatih meriset watchword. Karena ini memang penting untuk dilakukan.

Dan jika Anda memang benar-benar serius ingin mengasah expertise SEO untuk membangun site dan mendapatkan penghasilan by means of on the web, temui beberapa referensi MENTOR SEO berikut ini:

Yusuf Shembah (tutor saya) dengan kursus SEO DOMINATION nya

Daffi Shaci dari SaungSEO

Satria Rasyid yang menyelenggarakan Kursus Private SEO

Mereka adalah praktisi SEO yang sudah berpengalaman dan memiliki stick terbang LAMA.

Namun jika dirasa Anda sudah pusing dibuatnya, ya nggak ada salahnya juga Anda menggunakan layanan jasa SEO pihak ketiga. Meskipun begitu, ada baiknya juga Anda mengerti konsepnya.


Yang jelas, tidak ada jalan pintas menuju pejwan. Yang ada adalah kerja keras, kerja cerdas, rajin buat artiel, dan kerja ikhlas… 

Baiklah teman, semoga tips langkah-langkah Mengoptimalkan SEO Website Menggunakan Blog Supaya No.1 di Google ini berguna buat temen-temen yaa. Silahkan sampaikan di kolom komentar jika ingin sharing seputar SEO.

Bantu saya bagikan artikel ini supaya lebih bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara SEO Website Menggunakan Blog Supaya No.1 di Google"

Posting Komentar